Jati Diri Yang Terlupakan Naskah-Naskah Palembang

Harga Rp32000
ISBN 979-3258-20-9
Penulis Achadiati Ikram
Penerbit BUKUPOP
Cetakan / Tahun Terbit
Ukuran / Halaman 14 x 20 cm / 231
Berat Buku 300 Gram
Kategori Budaya, Sejarah
Sinopsis Salah satu keistimewaan Palembang sebagai tempat penemuan bukti-bukti arkeologi ialah adanya suatu kesinambungan dari segi penanggalan. Hal ini menandakan bahwa Palembang memiliki masa okupasi yang panjang dan bersinambung, sehingga di satu tempat seringkali ditemukan data-data sejarah dari zaman yang berbeda-beda.

Meskipun banyak tulisan dari zaman Sriwijaya diperkirakan hilang, bukanlah berarti bahwa sastranya mati setelah wilayah Palembang menjadi bawahan Majapahit. Dari naskah yang sempat sampai di tangan kita dapat diperkirakan bahwa terjadi pengalihan sastra Jawa ke sastra Melayu. Sastra Jawa Kuna dan Tengahan antara lain sastra Panji dan Mahabarata, dua kumpulan cerita yang mengalami popularitas tinggi di Jawa, di alam Melayu persebarannya meluas sampai ke semenanjung Malaka.

Setelah masa penguasaan Cina, menurut tradisi lisan, Ki Gede Ing Suro mendirikan kerajaan yang dinamakan Palembang. Dikisahkan bahwa pendiri kerajaan ini berasal dari daerah pesisir utama Jawa. Nama Palembang sebagai kerajaan disebut dalam naskah Sejarah Melayu yang dipastikan dikarang sebelum tahun 1536.

Related Product :

Poskan Komentar

Apa komentar Anda tentang buku ini ?

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Toko Buku KutuBuku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger