Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad Ke -20: Pergumulan antara Modernisasi dan Identitas
Harga | Rp76000 |
---|---|
ISBN | 978-602-9413-04-5 |
Penulis | Dr. Arief Subhan, M.A. |
Penerbit | Kencana |
Cetakan / Tahun Terbit | 1, 2012 |
Ukuran / Halaman | 15x23 cm / 400 |
Berat Buku | 0 Gram |
Kategori | Pendidikan |
Sinopsis | Buku ini mengkritik persepsi kalangan sarjana terutama kaum islamis yang memandang madrasah sebagai lembaga monolitik. Misalnya, madrasah Islam di Pakistan dipersepsikan sebagai lembaga pendidikan yang sama dengan madrasah di Thailand dan Indonesia. Persepsi demikian menyebabkan generalisasi yang menyesatkan, bila dikaitkan dengan opini bahwa madrasah sebagai tempat di mana nilai-nilai radikalisme dan terorisme disemaikan. Sebagai satu kajian ilmiah, buku ini sangat penting bagi para akademisis, mahasiswa studi Islam maupun umum, para pendidik saerta pemerhati sosial-politik dan keagamaan. |
Daftar Isi | Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Model Modernisasi Pendidikan Islam di Negara Muslim Bab 3 Kemunculan Madrasah Modern Indonesia: Rekonstruksi Sejarah Bab 4 Lembaga Pendidikan Islam dan Gerakan Reformis: Muhammadiyah Bab 5 Lembaga Pendidikan Islam dan Reproduksi Ulama: Nahdlatul Ulama Bab 6 Negara dan Modernisasi Pendidikan Islam: Departemen Agama Bab 7 Lembaga Pendidikan Islam dan Skriptualisme: Gerakan Salafi Bab 8 Sekolah Umum Berciri Khas Islam: Pendidikan Islam Indonesia Kontemporer Bab 9 Kesimpulan |
Posting Komentar
Apa komentar Anda tentang buku ini ?