Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad Ke -20: Pergumulan antara Modernisasi dan Identitas

Harga Rp76000
ISBN 978-602-9413-04-5
Penulis Dr. Arief Subhan, M.A.
Penerbit Kencana
Cetakan / Tahun Terbit 1, 2012
Ukuran / Halaman 15x23 cm / 400
Berat Buku 0 Gram
Kategori Pendidikan
Sinopsis Buku ini mengkritik persepsi kalangan sarjana terutama kaum islamis yang memandang madrasah sebagai lembaga monolitik. Misalnya, madrasah Islam di Pakistan dipersepsikan sebagai lembaga pendidikan yang sama dengan madrasah di Thailand dan Indonesia. Persepsi demikian menyebabkan generalisasi yang menyesatkan, bila dikaitkan dengan opini bahwa madrasah sebagai tempat di mana nilai-nilai radikalisme dan terorisme disemaikan. Sebagai satu kajian ilmiah, buku ini sangat penting bagi para akademisis, mahasiswa studi Islam maupun umum, para pendidik saerta pemerhati sosial-politik dan keagamaan.
Daftar Isi Bab 1 Pendahuluan

Bab 2 Model Modernisasi Pendidikan Islam di Negara Muslim

Bab 3 Kemunculan Madrasah Modern Indonesia: Rekonstruksi Sejarah

Bab 4 Lembaga Pendidikan Islam dan Gerakan Reformis: Muhammadiyah

Bab 5 Lembaga Pendidikan Islam dan Reproduksi Ulama: Nahdlatul Ulama

Bab 6 Negara dan Modernisasi Pendidikan Islam: Departemen Agama

Bab 7 Lembaga Pendidikan Islam dan Skriptualisme: Gerakan Salafi

Bab 8 Sekolah Umum Berciri Khas Islam: Pendidikan Islam Indonesia Kontemporer

Bab 9 Kesimpulan

Related Product :

Posting Komentar

Apa komentar Anda tentang buku ini ?

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Toko Buku KutuBuku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger